Unwahas Fasilitasi Program PPK untuk Guru MI


Foto: Dokumentasi Unwahas

UNWAHAS - Sabtu, 3 November 2018 Kampus Universitas Wahid Hasyim Semarang mengundang guru MI kota semarang dan dosen PGMI FAI Unwahas dalam kegiatan FGD Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Madrasah Ibtidaiyah.

Kegiatan dibuka oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Semarang Dr. H. Moch Fatkhuronji, M. Pd. 

Hadir sebagai narasumber Bayu Wijayama, M. Pd. (Tim PPK Dinas Pendidikan kota Semarang) dan M. Faojin M.Pd. (Ketua PW Pergunu Jawa Tengah). Materi diskusi tentang PPK di Madrasah Ibtidaiyah sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Kegiatan ini merupakan tahap awal dalam rangkaian penelitian Ummu Jauharin Farda, M. Pd., Dosen PGMI Fakultas Agama Islam Unwahas Semarang yang berhasil memperoleh Program Hibah Penelitian dari Kementrian Agama Republik Indonesia tahun 2018.

Menurut dia, hal ini merupakan kesempatan yang baik dalam rangka membantu pemerintah memenuhi kebutuhan MI dalam mengimplementasikan PPK di MI.

Dekan Fakultas Agama Islam, Dr. H. Nur Cholid M. Pd., M. Ag. memberikan apresiasi pada kegiatan ini.

“FGD tentang PPK sejalan dengan visi misi prodi PGMI FAI Unwahas dalam rangka peningkatan profesi guru MI, karena pendidikan karakter di madrasah sangat penting sekali, ruhnya di agama” tegasnya.

Sebanyak 40 undangan yang hadir dalam FGD sebagai delegasi dari 40 MI baik dari madrasah swasta maupun negeri. Kegiatan berjalan dengan lancar, melihat antusias dari peserta  mengikuti jalannya acara.

Delegasi yang dikirim sebagai peserta ditugaskan menginformasikan materi yang diterima kepada pihak masing-masing Madrasah.
Target kegiatan ini adalah memperoleh informasi dari hasil diskusi kebutuhan MI terkait implementasi PPK yang telah ditetapkan pemerintah sejak tahun 2017 untuk dikaji lebih dalam.

Sumber: PTKIS

Penulis : red
Editor   : edt