Kementerian Agama Republik Indonesia
KOPERTAIS WILAYAH X JAWA TENGAH
Search

Berita
21 April 2018 | 22:02 wib Home » Berita » Detail

LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM BUTUH DISTINGTIF BERBASIS DEMAND

image

Foto: Istimewa

Kebumen (Kopertais10) - Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (HMPS-MPI) IAINU Kebumen menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Mewujudkan Lembaga Pendidikan Jaman Now yang Unggul dan Kompetitif” (21/4/2018).

Seminar menghadirkan dua pemerhati pendidikan, Dr.Bunyan Wahid Ph.D, M.Ag, MA dan Dr.Azam Syukur Rahmatullah, SHI, MSI,MA. Seminar bertempat di aula IAINU Kebumen, yang dihadiri Rektor IAINU Kebumen Dr. Imam Satibi, M.Ag dan sejumlah dosen Fakultas Tarbiyah. Dalam acara ini juga sekalian diselenggarakan pelantikan Pengurus HMPS-MPI IAINU Kebumen Periode Tahun 2018-2019.

Dalam kesempatan tersebut, Bunyan Wahid menyoroti fenomena pendidikan berbasis kids jaman now. Fenomena ini nampaknya memang perlu mendapatkan perhatian dari kalangan pendidik dan pemerhati pendidikan di Indonesia.

Sejumlah strategi pembelajaran perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Bunyan Wahid menyebut bahwa lembaga pendidikan jaman now adalah lembaga pendidikan generasi millennial.

Sementara itu, Azam Syukur Rahmatullah, dengan pengalamannya merintis lembaga pendidikan berbasis pesantren menyoroti eksistensi lembaga pendidikan Islam di era millennial.

Azam mengkalisifikasi ada tiga tipe lembaga pendidikan Islam, yaitu, lembaga pendidikan yang subur berkembang, yang stagnan, dan yang cenderung berpotensi mati.

Azam juga menekankan pentingnya jajaran manajemen di madrasah/sekolah untuk selalu update diri menegikuti perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi.

"Pimpinan sekolah/madrasah, baik kepala sekolah/madrasah maupun lembaga pengelolanya harus pula mengelola sekolah/madrasah berbasis demand. Yang tak kalah pentingnya adalah bahwa sekolah/madrasah perlu mempertajam distinction sekolah/madrasah," papar Azam.

Dalam seminar ini hadir juga HMPS-MPI dari berbagai perguruan tinggi di Jateng-DIY. Seusai seminar mereka melanjutkan rapat koordinasi HMPS-MPI Jateng-DIY.

Sumber: PTKIS

( Red )

UPDATE

25 Mei 2018 | 09:28 wib

Direktur Pendis: Bantuan Sarpras Harus Dukung Akreditasi PTKIS

image Jakarta—Bantuan sarana dan prasarana pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) harus mendukung untuk penguatan…


16 Mei 2018 | 14:27 wib

Era Industri 4.0, Madrasah Harus Tanggap Internet

image kebumen, kopertais10 - Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (GTKM) Kementerian Agama RI, Prof Suyitno, menyampaikan…


16 Mei 2018 | 02:31 wib

420 Mahasiswa Unisnu Jepara Diwisuda

image Jepara - Sebanyak 420 mahasiswa dari lima fakultas dan program pascasarjana Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara…


02 Mei 2018 | 02:24 wib

UMS Sambut Kedatangan Grand Syekh Al Azhar

image Boyolali - Mahasiswa dan sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Solo (UMS) menyambut kedatangan Imam Besar (Grand Syaikh)…


26 April 2018 | 10:36 wib

Kuliah Umum STAINU Temanggung: Persaingan Usaha di Indonesia

image TEMANGGUNG - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI mengajak semua mahasiswa-mahasiswi STAINU Temanggung untuk melawan…


KEMENTERIAN AGAMA RI «   

UIN WALISONGO «   

© 2016 Kopertais Wilayah X Jawa Tengah Kontak
Gedung Kopertais Lt.2, Kampus UIN Walisongo
Jln. Walisongo 3-5, Semarang 50185
Telp/Fax: (024) 7604554 / (024) 7601293