Kementerian Agama Republik Indonesia
KOPERTAIS WILAYAH X JAWA TENGAH
Search

Berita
16 Maret 2017 | 09:28 wib Home » Berita » Detail

Tingkatkan Mutu Proposal Penelitian, 40 Dosen PTKIS Ikuti Seminar

image

Nara sumber seminar proposal penelitian Dr. H. M. Mukhsin Jamil, M.Ag, memberikan review masing-masing proposal yang diusulkan untuk memperoleh bantuan penelitian DIPA Kopertais Wilayah X Jawa Tengah, Tahun Anggaran 2017, di Aula Kampus I Lantai 2 UIN Walisongo Semarang, Rabu (14/3). (Foto: Admin Kopertais)

SEMARANG, Dalam rangka meningkatkan mutu penelitian dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS), Kopertais Wilayah X Jawa Tengah menggelar Seminar Proposal Penelitian, Selasa (14/3) di Aula Kampus I Lantai II UIN Walisongo Semarang.

Dr. H. Hasyim Muhammad, M.Ag, Sekretaris Kopertais Wilayah X Jawa Tengah mengatakan bahwa, pada tahun 2017 peserta penelitian diikuti oleh 41 peserta dari sejumlah PTKIS. Ini berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya 12 peminat. Kompetisinya cukup meningkat.

“Tahun 2016 kita menyiapkan anggara untuk 10 orang peneliti, tetapi yang mengajukan hanya 12 orang. Alhamdulillah pada tahun ini kita menyiapkan untuk 12 orang, yang mengajukan mencapai 41 orang,” kata Hasyim Muhammad, dalam sambutan pembukaan Seminar tersebut.

Hasyim mengatakan, bagi peserta yang nanti tidak lolos tidak usah berkecil hati. Peserta bisa mengajukan ke Diktis, baik untuk pemula, madya maupun unggulan. “Yang merasa proposalnya bagus bisa mengajukan untuk yang unggulan, karena dari segi nominal juga lebih besar” ujar Hasyim.

Sebelum seminar, kata Hasyim, proposal yang masuk ke Kopertais telah dinilai oleh tim reviewer, yang nantinya akan dipilih 12 peserta yang berhak memperoleh bantuan penelitian.

“Sebenarnya penilaian sudah dilakukan, pertemuan kali ini merupakan pendalaman dari reviewer, terkait hal-hal yang harus dilakukan dalam penelitian nanti” tambah Hasyim.

Sementara itu, Dr. H. M. Mukhsin Jamil, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang, sekaligus narasumber seminar, mengatakan bahwa proposal-proposal yang diusulkan rata-rata fokus penelitian tidak jelas, latar belakang tidak menemukan gap/problem.

“Rumusan masalah juga banyak yang tidak nyambung, kajian pustaka tidak ekstensif, tidak ada pendekatan teoritis dan metode yang digunakan kurang operasional” papar Mukhsin.

Menurut dia, untuk meningkatkan mutu proposal penelitian harus dilakukan workshop yang serius dan waktu yang panjang. “Saya ingin saat workshop peserta sudah membawa proposal penelitian, nanti kita bedah bareng-bareng saat workshop. Jadi tidak hanya teori tetapi langsung dipraktekkan” ujar Mukhsin.

Selain itu, lanjut Mukhsin, untuk memperoleh proposal yang baik mereka harus terus belajar dan mengulang membuat proposal dan sering konsultasi dengan pakar-pakar penelitian yang sudah berpengelaman.

Mukhsin berharap, ada kegiatan-kegiatan workshop yang waktunya cukup panjang, tidak hanya satu hari. Sehingga peserta bisa langsung praktek membuat proposal, sekaligus evaluasi.

 

(ADMIN KOPERTAIS)

Sumber: Kopertais Wilayah X

( Admin )

UPDATE

17 September 2018 | 10:03 wib
Studium General STAIBN Tegal

PTKI Diharapkan Merespon Generasi Milenial dengan Baik

image TEGAL, The McKenzie Institute meramalkan bahwa Indonesia bakal mendapatkan bonus demografi yang melimpah pada tahun 2045.…


09 September 2018 | 19:09 wib

Islam Nusantara Bisa Kuat Lewat Riset Ilmiah

image TEMANGGUNG - STAINU Temanggung mengadakan Studium Generale tahun akademik 2018-2019 dengan tema "Penguatan STAINU Temanggung…


24 Agustus 2018 | 15:48 wib

Genjot Mutu Riset, STAINU Gelar Workshop Peningkatan Mutu Dosen

image TEMANGGUNG- Dalam rangka peningkatan kualitas STAINU Temanggung dalam aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi,  Lembaga Penjamin…


16 Agustus 2018 | 06:31 wib

Dosen STAINU Temanggung Juara I Lomba Artikel Kemdikbud

image JAKARTA - Hamidulloh Ibda, dosen STAINU Temanggung menjadi Juara I kategori umum dalam Lomba Karya Jurnalistik Pendidikan…


06 Juli 2018 | 11:07 wib

Pembantu Ketua 1 STAIBN Tegal Raih Doktor Islamic Studies

image   SEMARANG - Bertempat di ruang promosi doktor Kampus 1 Lantai 3, Pascasarjana UIN Walisongo Semarang melaksanakan…


KEMENTERIAN AGAMA RI «   

UIN WALISONGO «   

© 2016 Kopertais Wilayah X Jawa Tengah Kontak
Gedung Kopertais Lt.2, Kampus UIN Walisongo
Jln. Walisongo 3-5, Semarang 50185
Telp/Fax: (024) 7604554 / (024) 7601293